Kemari Mari Kita Ngopi

Search

Tuesday, October 30, 2018

4 Tips Edit Foto Tidak Berlebihan dan Terlihat Natural

Perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang begitu pesatnya. Lihat saja Handpone, sekarang hp bukan cuma digunakan untuk alat komunikasi saja namun juga alat untuk banyak hal misal bermain game ataupun mengabadikan momen-moment hidup. Dan yang banyak di gunakan oleh pengguna handphone atau komputer sekarang ini adalah media sosial. Media Sosial menjadi alat untuk memamerkan baik foto maupun video atau saya sebut alat berbagi ekpresi. Oleh karena itu, banyak orang yang menginkin foto yang dibagikan itu terlihat keren atau terlihat cantik. Untuk mewujudkan itu semua tentunya fotonya harus diedit terlebih dahulu. Yang membuatku ketawa adalah orang yang merasa jago ngedit karena jerwatnya hilang semua atau merasa potonya keren karena mungkin beda warna dari sebelumnya atau wajahnya dibuat seputih susu padalah dimata orang lain seputih tepung kanji. Jika memang jelek ya pd aja gitu lho tak usah diedit berlebihan . Aku sendiri melihatnya terkesan alay dan kampungan apalagi bila disertai caption yang sok bijak. Terlihat sangat bertolak belakang gitu yaa antara photo dengan caption. Cocoknya captionnya itu cara membuat masker dari tepung kanji atau captionnya sama-sama alay nya dengan editannya.


Pada intinya saya hadir disini untuk menjelaskan cara atau tips mengedit foto  secara natural tidak alay dan tidak buruk dimata orang. Bagi saya sendiri agar foto terlihat keren dan menarik itu jika foto itu terlihat natural. Jadi tidak terlihat editan banget, hanya ditambahi bumbu-bumbu sedikit agar rasanya maknyos. Santai anggap saja seperti dipantai dan melihat indahnya matahari terbit, berikut looksunrise akan menyampaikan trik dan tips sederhana cara memaksimalkan foto anda tanpa terlihat alay dan terlihat natural.

1. Kenali foto yang akan diedit

Memilih foto yang baik
Semua foto memang dapat di edit tapi tidak semua foto akan lebih bagus jika diedit. Saat mengeditfoto yang pengambilannya jelek, terlalu terang atau nge-flare atau tidak fokus maka akan jadi percuma  saat diedit. Kecuali jika kamu bisa mengakali dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang memang bisa jadi penyelamat. Itu pun perlu keahlian dan usaha yang tidak sedikit agar foto menjadi bagus atau sesuai keinginan. Permasalahannya sekarang kamu akan mengedit hanya dengan bermodal Hp secara praktis namun hasilnya bagus. Jadi pilihlah foto-foto yang memenuhi syarat dan memang layak untuk diedit.

2. Mengatur komposisi gambarnya.

Atur komposisi foto

Jika sudah menemukan foto yang akan diedit, lamgkah selanjutnya adalah mengatur komposisi. Untuk edit foto dengan hp komposisi yang dimaksud adalah Pencahayaan, Kontras, Gelap, Terang, Bayangan, Sorotan, Saturation,Temperature dan lain-lain. Atur komposisi karena ini pondasi keindahan.
Jika tidak tau apa itu kontras, apa itu gelap terang dan lainnya silahkan cari referensi di google.

3. Memberi Filter... Asal Tidak Berlebihan

Filter untuk foto

Filter-filter
 yang tersedia sebagai fitur HP maupun a
da di dalam media sosial tujuannya adalah untuk membuat foto kamu jadi one-toned alias punya warna yang selaras. Selayaknya mengedit dengan tools, memilih filter juga harus pakai feeling yang tepat. Jadi tinggal kamu pilih dan sesuaikan dengan nuansa foto yang sedang diedit.


Jangan terlalu banyak menggunakan filter karena hasilnya justru akan membuat foto terlihat nggak natural atau palsu. Pakailah sesuai kebutuhan karena foto yang menarik adalah foto yang memberi kesan sederhana tanpa banyak polesan.
Untuk aplikasinya saya merekomendasikan VSCO. Aplikasi ini superior banget dengan berbagai macam filter yang dapat membuat foto menjadi keren dan bagus. Aplikasi lain yang saya rekomendasikan adalah faded.

4. Gunakan Prinsip Rule of Thirds

Kita juga  dapat mengatur komposisi dengan memotong gambar (crop) agar bagian paling menarik dari foto terletak pada salah satu dari 4 titik pertemuan tersebut. Tujuannya agar keseimbangan foto terlihat sehingga foto enak dilihat. 


Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai tips trik edit foto terlihat natural. Ikut i terus artikel-artikel dari kami. Bye bye

No comments:

Post a Comment