Kemari Mari Kita Ngopi

Search

Wednesday, September 12, 2018

Mengabungkan dan Memotong Objek dengan Corel Draw

Hay teman-teman... Salam sejahtera bagi kita semua.

Kali ini saya akan mejelaskan langkah dasar memotong dan mengabungkan objek menggunakan aplikasi Corel Draw. Di Corel Draw terdapat bebagai fasilitas/ fitur yang tentunya memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan kita. Fitur yang kita gunakan kali ini adalah trim, weld, intersect, simplify, front minus back dan back minus front, dan terakhir create a new object that surrounds the selected  objek.


Oke, langsung saja kita mulai langkah-langkahnya :

1. Kita buka aplikasi Corel Draw yang ada di komputer masing-masing. Disini saya menggunkan versi terbaru yaitu Corel Draw 2018.

2. Buat objek seperti yang kalian inginkan, terseserah membuatnya dengan pen tool dkk atau rectangle tool dkk. Saya mencontohkan hanya dengan object persegi dan juga segitiga seperti gambar dibawah ini. Beri masing-masing warna fill pada objek tersebut. Karena saya suka warna merah dan biru maka saya beri warna merah dan biru.


3. Yang jelas buat antar objek saling bersinggungan. Kemudian seleksi 2 objek atau lebih yang ingin dipotong atau digabungkan. Sesudah diseleksi maka di property bar akan muncul pilihan menu seperti dibawah ini.

Setelah muncul pilihan menu seperti yang saya tandai tersebut, silahkan kalian mebencoba-coba sesuai dengan penjelasan dibawah ini :

Trim berfungsi untuk memotong objek pada objek yang saling bersinggungan.
Weld berfungsi untuk menggabungkan objek-objek menjadi satu.
Intersect berfungsi untuk mendapatkan objek baru hasil dari persingungan antara objek-objek tersebut.
Simplify hampir sama dengan Trim, bedanya jika simplify tidak perlu menyeleksi terlebih dahulu. Jadi objek yang berada di atas memotong objek bersinggungan yang berada dibawahnya.
Front Minus Back dan Back Minus Front berfungi untuk memotong objek yang berada di atas atau dibawah lalu objeknya hilang.
Create new object berfungsi untuk menghasilkan baru hasil dari objek yang saling bersinggungan.

4. Saya akan meenduplikat objek agar bisa memberi banyak contoh sekaligus. Dan lihat hasilnya seperti berikut :


Sekian artikel saya tentang memotong dan mengabungkan objek. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon saran dan tanggapan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan membantu kalian semua agar lebih mengenal dan handal dalam menggunakan Corel Draw.

3 comments:

  1. Mens Titanium Wedding Rings. 4.5.1, Free Shipping - TITaniumArts.com
    Make nano titanium flat iron a Mens ford transit connect titanium wedding ring. Customise a custom ring to your wedding in no time. Mens jewelry is a beautiful titanium shift knob piece of custom jewelry that's sure microtouch titanium trim as seen on tv to give titanium exhaust wrap

    ReplyDelete