Kemari Mari Kita Ngopi

Search

Tuesday, September 18, 2018

Tips Kamera Hp sebagus DSLR

Mungkin banyak orang yang menganggap kamera hp adalah kamera dengan kualitas biasa saja atau standar perihal foto memfoto. Namun sekarang ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, hp dapat digunakan dalam berbagai hal dengan sangat baik, salah satunya memfoto. Sudah banyak fitur yang sudah terdapat di hp untuk mendukung hasil foto kita supaya bagus dan tidak kalah sama kamera DSLR.

Buat anda yang suka mengambil foto dengan kamera hp. Disini saya akan memberikan tips supaya foto yang kalian ambil menjadi lebih baik dan keren tentunya. Sayangkan jika ada sport foto bagus tapi hasil foto kalian jelek. Untuk itu perhatikan penjelasan saya dibawah.




Cara membuat kamera hp sebagus kamera DSLR :

1. Membersihkan Lensa Kamera

Mungkin anda pernah memfoto lalu hasilnya tidak seperti biasanya, namun kalian tidak menyadarinya. Untuk itu coba perhatikan lensa kamera terlebih dahulu kotor atau tidak. Jika kotor bersihkan dengan kain atau lebih baik menggunakan kain pembersih kacamata. Bersihkan dengan hati-hati jangan terlalu kasar nanti malah kamera menjadi lecet-lecet, rugi sendiri kalian nanti.

2. Jangan Menggunakan Filter

Biasanya kamera bawaan sudah diberi filter bermaca-macam. Jika ingin hasil foto anda jernih dan bagus jangan menggunakan filter. Filter ini biasanya membuat foto nanti pecah, blur dan juga jelek. Terlihat tidak asli juga.

3. Ukuran Resolusi

Pada pengaturan kamera terdapat ukuran resolusi. Atur ukuran resolusi tertinggi. Resolusi sangat mempengaruhi kualitas foto. Jika resolusi rendah foto akan tampak pecah dan tidak jelas. Semakin besar resolusinya maka semakin bagus dan jelas fotonya.

4. Penggunaan ISO

Sekarang sudah banyak fitur untuk mendukung hasil foto dikamera hp. Tapi banyak yang tidak mengerti maksud dan fungsinya salah satunya ISO. ISO berfungsi untuk mengatur tingkat sensitif terhadap cahaya. Jadi semakin beasar ISO maka semakin terang juga. Atur |ISO sesuai dengan cahaya yang ada. Jika ditenpat cerah atau banyak cahaya lebih baik menggunakan ISO 100, sebaliknya jika di tempat yang minim cahaya gunakan ISO yang besar misal 1600.

5. Menggunakan HDR

Fitur lainnya adalah HDR atau kebanjangannya High Dynamic Range. Fitur ini bisa menghasilkan tampak lebih cerah dan hidup juga pencahayaan dan bayangan merata. HDR digunakan saat keadaan cahaya yang sangat banyak. Namun, tidak cocok untuk memfoto objek dalam keadaan bergerak dan keadaan minim cahaya.

6. Komposisi

Ini adalah aspek dasar agar foto terlihat seperti kamera DSLR dengan kompsisi yang baik maka akan baik pula hasil foto kalian. Komposisi ini perlu dipelajari dan dipahami seperti Rule of Third, Framing, Background, Angle of view. Silahakan kalian cari digoogle banyak referensi mengenai komposisi foto.

7. Menggunkan Cahaya Alami

Problema dalam foto di ruangan adalah minimnya cahaya alami. Solusinya yaitu denagn foto didekat pintu atau cendela supaya tersinari oleh cahaya alami. Usahakan mengambil foto dengan cahaya alami. Perhatikan juga arah datangnya cahaya. Objek jangan membelakangi arah datangnya cahaya kecuali jika ingin mengambil foto siluet.

8. Jangan gunakan zoom

Ada orang yang malas gerak untuk mendekati objek jadi menggunakan fitur zoom agar terlihat dekat. Hilangkan rasa malas itu dan jangan menggunakan zoom jika ingin foto kalian terlihat bagus dan tidak pecah. Kenapa zoom di hp dapat membuat foto pecah. Karena hp tidak dilengkapi dengan optik zoom. Jadi zoom akan memangkas resolusi foto, foto anda akan terlihat kasar dan pecah.

9. Gunakan Aplikasi Kamera

Terdapat banyak aplikasi untuk membuat kamera lebih baik. Dengan banyak fitur pula yang tidak terdapat di kamera bawaan. Saya menggunakan aplikasi Night Cam, ProCapture, dan Camera FV-5. Masih banyak pula aplikasi bagus yang belum saya ketahui silahkan cari di google Play store atau cari referensi di google terlebih dahulu. Jika memang ingin foto mirip kamera DSLR carilah aplikasi yang mempunyai fitur dan mode yang terdapat dikamera DSLR.


Sekian yang dapat saya sampaikan mengenei tips menggunakan kamera hp yang baik, jika ada kritik dan saran mohon sampaikan di kolom komentar.


No comments:

Post a Comment